LAVON V

APA SIH MANFAAT PEMANGKASAN TANAMAN?

Umumnya fungsi tanaman dikenal sebagai pengarah jalan, melindungi sinar matahari yang berlebihan, penutup ruang yang private dan penutup tanah. Disamping itu tanaman juga dijadikan sebagai ikon estetika di beberapa tempat. Maka dari itu, banyak orang menginginkan taman di depan hunian, di samping bangunan pekerjaan ataupun di belakang restaurant harus memiliki estetika yang cukup untuk menarik perhatian orang. Hal itu membuat pekerja landscape hadir untuk menyelesaikan keinginan tersebut. Tanaman yang terlihat indah dan cantik akan memberikan banyak fungsi khususnya estetika dan kenyamanan bagi banyak orang. Itulah mengapa perawatan sangat dibutuhkan bagi tanaman. Salah satu perawatan yang perlu di perhatikan yakni Pemangkasan.

Apa sih manfaat pemangkasan ini?

Sejauh ini banyak orang mengetahui pemangkasan merupakan suatu perawatan yang mutlak harus dilakukan untuk menjaga tampilan tanaman itu sendiri. Tanaman yang selalu diperhatikan dalam hal pemangkasan pasti memiliki bentuk yang rapi dan menarik perhatian orang. Namun, di samping itu masih banyak pula orang yang tidak melakukan pemangkasan dengan rutin karena tidak tega atau takut tanamannya rusak. Permasalah ini harus diluruskan dengan memberi beberapa manfaat dari pemangkasan di bawah ini.

Selain memberikan tampilan yang rapi, pemangkasan juga bermanfaat untuk mengarahkan bentuk pertumbuhan yang stabil. Misalkan, dalam satu tanaman memiliki satu sisi yang terkena sinar matahari lebih dan proses pertumbuhannya lebih cepat, maka bentuk tanaman tersebut pasti akan tidak stabil, maka dari itu perlunya pemangkasan agar tampilan terus terlihat stabil dan normal. Lalu, ada juga beberapa orang melakukan pemangkasan untuk membentuk tanaman tersebut menjadi unik sesuai yang diinginkan. Biasanya hal ini biasa disebut topiary atau kehendak seseorang yang menginginkan bentuk tanaman yang berbeda dengan bentuk aslinya.

Pemangkasan juga merangsang pertumbuhan bunga dan buah. Maka dari itu, salah satu poin perawatan yakni pemangkasan ini sangat diperlukan karena tanaman memiliki sifat yang sama seperti makhluk hidup lainnya yakni bertahan hidup. Jika sengaja dilakukan perlakuan “disakiti” maka tanaman akan mencari cara untuk cepat memberikan tunas yang baru sehingga akan memberikan buah dan bunga yang lebih banyak. Kemudian, selain merangsang, pemangkasan juga dapat menyuburkan tanaman. Sesekali tanaman yang terlihat sehat dan rimbun perlu di pangkas untuk memberikan ruang yang cukup untuk menyerap udara, sinar matahari dan air siraman dengan efektif. Karen ajika terlalu rimbun, kemungkinan adanya gangguan hama pun bisa terjadi karena mereka akan memilih tempat yang kotor, lembab dan gelap sehingga bagian tanaman yang kurang terkena sinar matahari dengan mudah di serang.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email

Find Us

PT Kampung Flora Cipta
Pasar Modern Paramount Ruko Tematik Blok N No.50.
Gading Serpong – tangerang

Contact Us

  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA@GMAIL.COM
  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA
    @GMAIL.COM

Follow Us