COMMITMENT IS THE FOUNDATION OF GREAT ACCOMPLISHMENT

IMG_3506

PILIHLAH TANAMAN SESUAI KONDISI LINGKUNGAN

Tidak semua tanaman pasti cocok dengan keadaan lingkungan. Di suatu lingkungan pasti memiliki cuaca yang berbeda-beda, misalnya dataran tinggi yang memiliki curah hujan lebih banyak, datan rendah memiliki cuaca panas lebih sering. Kondisi tersebut akan memengaruhi pertumbuhan tanaman. Maka dari itu, sebaiknya kalian menanam tanaman sesuai dengan kondisi lingkungannya.

Admin akan berikan contoh beberapa tanaman yang cocok di cuaca dingin dan cuaca panas. Untuk kondisi lingkungan cuaca dingin atau sejuk, biasanya berada di dataran tinggi. Untuk itu, kalian bisa coba memilih tanaman bunga mawar atau bunga lili. Bunga mawar ini termasuk tanaman semak. SpesiesĀ  mawar memiliki duri dan daun dengan Panjang 5-15 cm. Tanaman ini mampu tumbuh hingga 5 meter. Bunga mawar merupakan salah satu tanaman dengan nilai ekonomi yang tinggi karena banyaknya permintaan dari berbagai konsumen untuk beberapa kebutuhan. Bunga mawar juga berfungsi sebagai bahan dasar pembuatan minyak wangi. Kemudian, bunga lili memiliki kelopak yang didominasi dengan warna putih, bunga ini cenderung dijadikan sebagai tanaman hias potong untuk acara-acara tertentu.

Selanjutnya untuk cuaca panas atau biasa berada pada dataran rendah, adapun pemilihan tanaman yang sesuai yakni kamboja, bougenville, melati, dan kaktus. Untuk kamboja sendiri memiliki banyak jenis dan mereka akan lebih subur di dataran rendah dan kebanyakan di Indonesia ditemukan dengan bunga yang berwarna putih dengan bagian dalam berwarna kuning. Lalu, bougenville yaitu dikenal dengan tanaman berwarna-warni dan perawatan yang mudah. Bougenville ini biasa disebut sebagai bunga kertas karena bunganya yang tipis kayaknya kertas. Tanaman ini mampu tumbuh hingga 10 meter, memiliki duri seperti bunga mawar. Kemudian, bunga melati merupakan tanaman semak dan merambat. Tanaman ini memiliki banyak jenis, dari 200 jenis yang ditemukan, 8 diantaranya berpotensial untuk dijadikan sebagai tanaman hias. Bunga melati juga memiliki banyak manfaat yaitu sebagai bahan dasar minyak wangi atau parfum, bunga tabur, bahan campuran pengharum teh. Dan yang terakhir yaitu kaktus. Kaktus mampu tumbuh lama tanpa air, itulah mengapa kaktus sangat kuat tumbuh di tempat gersang seperti padang pasir. Kaktus memiliki akar yang panjang untuk mencari air dalam tanah. Air itu akan diserap dan disimpan di batangnya. Daun yang dimiliki kaktus dapat berubah menjadi duri sehingga mereka dapat mengurangi penguapan air melewati daunnya. Tanaman ini mudah terkena bakteri, maka dari itu diperlukan perhatian lebih agar kaktus kalian bebas dari penyakit.

Itulah beberapa jenis tanaman yang cocok tumbuh di kondisi lingkungan yang sejuk dan panas. Umumnya tanaman bisa tumbuh di semua tempat namun jika dipaksakan maka akan mendapatkan hasil yang tidak sesuai atau kurang baik. Maka dari itu, tidak ada salahnya memilih tanaman yang sudah jelas dan pasti mampu berkembang dan tumbuh di kondisi lingkungan kalian.

PT. Kampung Flora Cipta

Landscape, Design, Maintenance

021 2932 4547

www. kfclandscape.com

 

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email

Find Us

PT Kampung Flora Cipta
Pasar Modern Paramount Ruko Tematik Blok N No.50.
Gading Serpong – tangerang

Contact Us

  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA@GMAIL.COM
  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA
    @GMAIL.COM

Follow Us