phan-bon-hoa-hoc-la-gi

BERBAGAI CARA PEMUPUKAN

Setiap tanaman memerlukan penambahan unsur-unsur yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Unsur hara yang dibutuhkan tanaman dapat memenuhi kebutuhan bahan makanannya. Selain itu adapun tujuan lain dari pemupukan yakni memperbaiki kualitas tanaman, meningkatkan keseburan, dan memperbaiki kondisi tanah. Singkatnya, seluruh tujuan di atas memberikan nutrisi pada tanaman maupun media tanamnya untuk tumbuh dengan optimal.

Setiap melakukan pemupukan, seseorang harus memahami kondisi tanaman dan media tanamnya. Begitupun dengan cara penggunaan pupuknya agar memberikan hasil yang efisien dan tepat. Dengan ini, admin akan membahas sedikit mengenai cara pemupukan yang jenisnya bisa di bagi dua yakni melalui akar atau daun.

Pemupukan melalui akar bisa dilakukan dengan mencampurkannya dengan media tanam atau tanah. Pemupukan ini bisa dilakukan menggunakan pupuk cair maupun padat. Untuk hasil yang memuaskan, banyak cara yang digunakan dalam pemupukan melalui akar, antara lain:

Ditempatkan di lubang. Pupuk di taruh pada lubang yang sudah disiapkan di area tanaman. Kedalaman pupuk biasanya hingga 10 cm. Taruh pupuk di sekeliling tanaman secara melingkar, sehingga unsur hara yang dibutuhkan tanaman terpenuhi. Ini biasanya dilakukan untuk tanaman tahunan, selain itu bisa juga pupuk di taruh hanya di samping tanaman saja.

Jika tanaman ditanam agak berjauhan, cara ini tentu efektif mengingat setiap tanaman yang dikelilingi pupuk tersebut bisa fokus untuk memberikan unsur hara pada satu tanaman.

Kedua, untuk tanaman yang membutuhkan sedikit pupuk, kalian bisa menggunakan cara larikan. Tabur pupuk di sekitar tanaman secara acak dan tutup kembali dengan tanah. Dan yang terakhir ad acara broad casting atau disebar. Ketika melakukan pembajakan atau penggaruan sebelum di tanam tanaman, kalian bisa menyebar pupuk secara rata di seluruh tanah, ini sangat baik untuk kalian yang ingin menanam tanaman secara teratur dan jarak berdekatan.

Selanjutnya, pemupukan melalui daun. Pemupukan ini hanya bisa dilakukan menggunakan jenis pupuk cair. Siapkan perbandingan air dan pupuk dengan jumlah 60:40 %. Lakukan penyiraman pupuk dengan menghadap ke bawah tanaman dan lakukan di pagi atau sore hari saja.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email

Find Us

PT Kampung Flora Cipta
Pasar Modern Paramount Ruko Tematik Blok N No.50.
Gading Serpong – tangerang

Contact Us

  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA@GMAIL.COM
  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA
    @GMAIL.COM

Follow Us