vanilla-plant-green-pod-37428560

BUDI DAYA TANAMAN VANILI

Tanaman vanili biasa tumbuh di daerah tropis dengan suhu udara yang optimal sekitar 20-30 derajat celcius. Tanah gambur dan dipenuhi dengan bahan organik sangat cocok untuk bertanam vanili. Tanaman ini mmapu tumbuh dan berkembang pada tajar atau tonggak yang telah disediakan. Banyak pula yang menanam tanaman ini melekat pada pohon. Warna tanaman ini hijau dan daunnya lonjong dengan ujung yang lancip.

Banyak yang menggunakan sistem stek saat menanam tanaman ini. Dalam sistem stek ini, banyak yang perlu diperhatikan dalam kesehatan tanaman vanili, seperti produktivitas tinggi dan toleran terhadap hama /penyakit. Kemudian, bibit stek dilakukan penyemaian dalam polybag dan menggunakan media tanam tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 2:1. Saat perawatan di dalam polybag, lakukan penyiraman yang rutin selama 3 bulan. Lalu, tanaman siap di tanam di lahan.

Sebelum memindahkan ke lahan, perhatikan keadaan media tanam yakni harus bersih dan bajak hingga gembur. Buatlah lubang-lubang tanam dekat dengan pohon atau tajar dan tonggak. Beri jarak perkiraan 1,5 x 1,5 m. Biakan untuk menanam tanaman yang membujur ke timur agar terkena matahari pagi dan tanaman tidak kekurangan sinar matahari pagi secara merata. Biasakanya tanaman lili di tanam di samping pohon pelindung, antara lain tanaman jarak pagar, dadap, gamal ataupun sengon.

Saat menanam, jika mendapatkan bibit tanaman yang lurus maka tanam dengan lurus dan jika mendapatkan bibit tanaman yang melengkung maka tanaman dengan melengkung. Waktu penanaman yang baik yakni awal musim penghujan layaknya tanaman rumput. Selama pertumbuhan dan pekembangan, tanaman vanili juga memerlukan pemupukan  Perawatan lain yang harus dilakukan yakni penyulaman, dilakukan ke minggu dua setelah di tanam, penyiangan dengan sistem kored, perambatan dengan memotongsulur yang sudah kering atau mati bahkan yang terkena hama menggunakan cuter. Kemudian potonglah setiap ujung sulur pada kuran waktu tepat di 3 atau 4 bulan. Disaat tanaman berumur 7-8 bulan dan buah vanili terlihat berubah warna menjadi kekuningan, pemanenan dapat dilakukan selama 1-2 bulan dengan memetic bulan menggunakan tangan dilanjutkan dengan pemeraman selama 1-2 hari dan setelah pengeringan vanili siap di gunakan

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email

Find Us

PT Kampung Flora Cipta
Pasar Modern Paramount Ruko Tematik Blok N No.50.
Gading Serpong – tangerang

Contact Us

  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA@GMAIL.COM
  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA
    @GMAIL.COM

Follow Us