COMMITMENT IS THE FOUNDATION OF GREAT ACCOMPLISHMENT

BUNGA-PUKUL-SEMBILAN-1

BUNGA PUKUL SEMBILAN? PORTULACA GRANDIFLORA

Portulaca Grandiflora, bunga ini biasnaya mekar pada pukul Sembilan pagi maka dari itu biasa dikenal dengan bunga pukul Sembilan. Bunga ini berasal dari Amerika Selatan yakni Argentina, Uruguay, dan Brasil. Hingga saat ini bunga portulaca sudah menyebar hingga Asia salah satunya Indonesia. Dalam Bahasa inggris bunga dengan jenis krokot ini memiliki banyak nama, antara lain; roe moss, eleven o’clock, Mexican rose, sun rose, rock rose, hingga mose rose.

Bunga ini memiliki batang basah dengan ketinggian kurang lebih 15-30 cm dan bercabang. Warna batang ini merah kehijauan dengan banyak rambut tipis di seluruh permukaan batang. Batang bunga mampu tumbuh tegak atau menjalar. Daun tanaman memiliki ukuran 1-3,5 cm. Bunga selalu muncul di ujung batang dan berkelompok 2-8 di setiap batang. Warna bungapun beragam mulai dari merah, orange, putih, dna kuning. Selain bunga, tanaman ini memiliki buah berukuran sangat kecil dengan ukuran 5-8 mm berbentuk bulat dan berwarna cokelat.

Tanaman ini termasuk tanaman dataran rendah. Tanaman hias yang bisa ditanaman di dalam pot  ini juga bisa dijadikan sebagai tanaman penutup tanah. Dengan perawatan yang rendah, maka tidak perlu khawatir bagi pemula yang ingin mencoba menanam tanaman ini. Stek daun atau menanam biji bisa dilakukan untuk memperbanyak tanaman ini.

Disamping itu, bunga pukul Sembilan juga terkenal sebagai bunga untuk obat herbal. Bunganya bisa dijadikan sebagai obat penyembuh sakit tenggorokan, sakit kepala, dan gangguan penceranaan. Untuk dijadikan sebagai obat sakit tenggorokan, bunga pukul  Sembilan dihaluskan dan dicampur dengan air. Campuran air dan bunga tersebut dijadikan obat kumur untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Kedua, Siapkan air yang sudah mendidih lalu masukkan bunga pukul Sembilan, setelah air rebusan sudah dingin, segera di minum sebanyak 2-3 kali dalam sehari. Maka dipercaya dapat menyembuhkan sakit kepala. Ketiga, Bunga ini mengandung saponin dan polifenol pada bagian daun dan batangnya dan portulal, betacyanin, betanin dan betandin pada bunganya hingga berkhasiat untuk mengobati gangguan pencernaan. Itulah beberapa khasiat bunga pukul Sembilan. Selain cantic, ternyata banyak fungsinya jika kalian tanam di sekitar lingkungan hunian atau perkantoran.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email

Find Us

PT Kampung Flora Cipta
Pasar Modern Paramount Ruko Tematik Blok N No.50.
Gading Serpong – tangerang

Contact Us

  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA@GMAIL.COM
  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA
    @GMAIL.COM

Follow Us