COMMITMENT IS THE FOUNDATION OF GREAT ACCOMPLISHMENT

750xauto-8-alasan-genting-kamu-wajib-menanam-pohon-mulai-detik-ini-juga-150807a

CARA BERTANAM DENGAN CARA SETEK

Banyak metode untuk membudidayakan tanaman Anda. Salah satu metode termudah yakni setek. Metode ini menggunakan tanaman itu sendiri mulai dari akar hingga daunnya. Tanaman akan tumbuh menjadi tanaman baru yang bersifat sama dengan tanaman induk.

Pertama-tama, metode yang paling sering kita dengar yakni setek batang. Dengan cara yang mudah, memotong bagian batang yang sudah berumur tua dan ditanam lagi untuk mengeluarkan akar baru. Metode ini dilakukan dengan memberikan jarak sekitar satu ruas jari dari sumber pucuk yang lainnya. Biasanya metode ini dilakukan pada tanaman rempah-rempah dan tanaman dengan batang kayu yang keras hingga lunak.

Selain setek batang, daun juga bisa dijadikan pilihann. Setek daun dilakukan dengan cara memotong bagian daun namun tetap bersama tangkainya. Pilihlah daun yang masih berwarna hijau segar dan berumur tua. Metode ini akan susah berkembang jika Anda memilih tanaman dengan umur daun yang muda dan daun yang masih berwarna kekuningan. Untuk setek daun, siapkan media tanam dengan komposisi tanah yang gembur dan lembab.

Terakhir, akar juga dapat dimanfaatkan untuk digunakan dalam metode setek. Setek akar ini dimulai dengan mengambil akar yang tumbuh secara lateral dengan potongan berukuran diameter 1 cm. Setalah itu, akar siap di tanam kembali dan akan mengeluarkan tunas baru atau tanaman baru.

Itulah metode setek yang bisa kalian gunakan untuk membudidayakan tanaman kalian di rumah. Mudah bukan? Lakukan dengan hati-hati dan tetap melihat kondisi media tanaman kalian ya.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email

Find Us

PT Kampung Flora Cipta
Pasar Modern Paramount Ruko Tematik Blok N No.50.
Gading Serpong – tangerang

Contact Us

  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA@GMAIL.COM
  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA
    @GMAIL.COM

Follow Us