ALOGIO 1

FUNGSI LAMPU TAMAN : MEMENGARUHI PROSES FOTOSINTESIS

Lampu yang berada dalam landscape memiliki banyak peran penting, sebagai penerangan, dekoratif, penunjuk jalan, menciptakan suasa tenang dan aman. Dari semua peranan di atas, sebenarnya lampu juga berfungsi untuk pertumbuhan tanaman. Sinar buatan ini memang diperlukan oleh tanaman agar pertumbuhan menjadi lebih baik dan mempertahankan kualitasnya.

Seperti yang kita tau, bahwa dalam proses fotosintesis tanaman sangat memerlukan sinar buatan ataupun cahaya matahari. Maka dari itu banyak orang menggunakan lampu sebagai sinar buatan agar tanaman di dalam ruangan tetap terjaga pertumbuhan dan perkembangannya. Ini merupakan ide lama yang sudah diterapkan sedari dulu.

Hal ini juga dapat menjawab permasalahan bagi orang-orang yang hanya memiliki tempat tanaman di dalam ruangan. Seperti indoor plant. Solusi kurangnya lahan untuk penghijauan membuat lampu ini juga memiliki fungsi penting dalam pertumbuhan tanaman. Begitupun dengan vertical garden yang disusun menumpuk ke atas secara vertical, tanaman pasti membutuhkan sinar yang di setiap susunan vertical nya, maka dari itu lampu digunakan untuk mengganti peran matahari.

Umumnya tanaman pertanian membutuhkan lampu dengan gelombang warna merah dan biru agar cepat terjadinya panen.Adapun salah satu model pertanian vertical di Texas, yakni dikenal dengan pinkhouse. Di dalamnya terdapat lahan pertanian berbentuk vertical dan lampu yang digunakan berwarna pink dan biru. Warna tersebut dinilai cocok dan cukup bagi tanaman. Namun, cahaya putih atau kekuningan seperti matahari juga bisa dijadikan pilihan dalam bercocok tanam di dalam ruangan.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email

Find Us

PT Kampung Flora Cipta
Pasar Modern Paramount Ruko Tematik Blok N No.50.
Gading Serpong – tangerang

Contact Us

  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA@GMAIL.COM
  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA
    @GMAIL.COM

Follow Us