COMMITMENT IS THE FOUNDATION OF GREAT ACCOMPLISHMENT

Limbah Buahhhh

JENIS-JENIS LIMBAH YANG DAPAT MEMBUAT TANAMAN MENJADI SEHAT & SUBUR

Untuk kalian yang suka berkebun, pasti sangat senang jika tanaman yang kalian tanam tumbuh dengan subur bahkan berbunga dan berbuah. Berkebun dapat menghilangkan rasa Lelah karena penuhnya aktivitas di setiap harinya. Maka dari itu, berkebun dapat membantu masalah tersebut dengan mudah, karena bisa dilakukan di manapun dan tentunya harus memberikan perawatan yang baik agar hasilnya memuaskan. Saat dimana tanaman kalian subur, berbuah dan berbunga akan merasakan sebuah kebanggaan. Maka dari itu, rawatlah tanaman agar tetap tumbuh subur.

Salah satu cara untuk merawat tanaman tetap subur yakni pemberian pupuk. Pupuk pasti memiliki unsur hara tambahan di dalamnya yang mana unsur hara adalah kebutuhan pokok untuk perkembangan dan pertumbuhan tanaman. Pupuk diberikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman. Untuk itu, kalian yang memiliki tanaman atau suka berkebun butuh pupuk  untuk diaplikasikan dengan penyemprotan atau ditaburkan. Kemudian, untuk memiliki pupuk, pastikan membeli dengan kualitas yang baik namun secara langsung harga pupuk yang diberikan juga sesuai kualitas atau cukup mahal.

Maka dari itu,  admin disini akan memberikan info mengenai beberapa jenis limbah yang dapat kalian gunakan sebagai pupuk tanaman, jadi bisa lebih berhemat. Limbah tersebut,antara lain:

  • Limbah sayuran yang terdapat di dapur sebaiknya jangan di buang. Limbah tersebut bisa dijadikan bahan dasar untuk membuat pupuk kompos. Pupus kompos dihasilkan dari limbah sayuran yang mana didalamnya mengandung beberapa unsur hara. Pupuk kompos ini biasa dipadukan dengan media tanam dengan cara ditaburkan di sekeliling batang tanaman.
  • Limbah cangkang telur juga biasa terdapat di dapur. Kumpulkan cangkang telur lalu gerus atau id tumbuk sehingga menjadi lebut seperti tepung. Unsur hara yang terdapat dalam cangkang telur adalah Kalsium dan Magnesium yang mana mampu meningkatkan pH tanah sehingga menyuburkan tanaman. Hama juga mampu dicegah dengan limbah cangkang telur ini.
  • Limbah buah-buahan biasa dijadinya perangsang untuk tanaman kalian agar cepat berbunga maupun berbuah.
  • Limbah nasi basi atau sisaan nasi bisa digunakan sebagai pupuk cair yang mana bermanfaat sebagai bioaktifator pengomposan dan menyuburkan tanaman.
  • Limbah sabut kelapa dapat kalian rendam dan gunakan air rendamannya sebagai pupuk cair untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tanaman. Limbah sabut kelapa ini mendandung unsur kalium, phosphor, kalsium, magnesium dan natrium.
  • Limbah air kelapa dapat dijadikan sebagai bahan dasar tambahan pembuatan kompos, air kelapa yang didalamnya memiliki kandungan gula berfungsi untuk sumber makanan bakteri pengurai.
  • Limbah air cucian beras terkenal dengan manfaat membuat tanaman menjadi lebih subur. Di dalam air cucian beras memiliki kandungan phosphor, besi, dan mineral agar tanaman menjadi lebih subur.
  • Limbah abu, misalkan sudah memasak menggunakan kayu bakar, manfaatkan ambil abu dan taburkan pada tanaman agar lebih subur.

 

Itulah beberapa limbah yang dapat digunakan sebagai jenis bahan dasar atau dijadikan sebagai  pupuk langsung. Kalian bisa lebih berhemat dan mudah mendapatkan langsung pupuk untuk tanaman di rumah.  Berikan pupuk secara rutin sekali sebulan untuk hasil yang lebih baik. Selain itu, tanaman yang di berikan pupuk organic maka akan menghasilkan tanaman organic, tentunya lebih aman dan lebih sehat.

Kampung Flora Cipta

Landscape Contractor, Design, Maintenance

Vertical Garden & Roof Garden

Telp. 021 2932 4547

 

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email

Find Us

PT Kampung Flora Cipta
Pasar Modern Paramount Ruko Tematik Blok N No.50.
Gading Serpong – tangerang

Contact Us

  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA@GMAIL.COM
  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA
    @GMAIL.COM

Follow Us