DSCF6855_500

JENIS-JENIS POHON PALEM SEBAGAI TANAMAN HIAS

Pada umumnya tanaman palem mudah ditemukan dan banyak di jual. Tanaman palem merupakan salah satu tanaman yang minim perawatan. Tanaman palem juga satu jenis dengan jenis Arecaceae atau tanaman pinang. Ciri-ciri yang dimiliki pohon palem yakni bentuk batang besarnya yang tegak. Batang utamanya sangat jarang membentuk cabang, maka dari itu sering ditemukan batang utama yang menjelang tinggi. Palem juga memiliki buah yang teksturnya agak cair dan saat semakin tua buahnya akan mengeras dengan sendirinya. Daun yang dimiliki oleh jenis tanaman ini yakni hamper sama dengan pohon kelapa atau majemuk. Ingat! Bahwa tanaman palem tidak memiliki cambium sejati pada batangnya.

Banyak jenis tanaman palem yang digunakan di berbagai tempat seperti bangunan public, perkantoran, pinggir jalan dan rumah pribadi. Umumnya masyarakat memilih pohon palem sesuai dengan penempatannya. Dengan ciri-ciri di atas, adakah jenis pohon palem yang cocok ditanam di taman rumah? Jawabannnya ada. Beberapa jenis tanaman palem ada yang termasuk sebagai tanaman hias, antara lain:

Palem kuning. Dengan ciri-ciri tanaman tinggi kurus dan tentunya daun majemuk ini berasal dari Madagaskar. Tanaman palem kuning mampu tumbuh tinggi dan daunnya akan tumbuh berkelompok. Tanaman ini bisa ditanam secara berdekatan agar tampak rimbun. Selanjutnya, palem botol. Palem jenis ini bisa dikatakan sangat unik karena batangnya sangat mirip dengan botol. Batang utamanya akan embulat dan melonjong layaknya sebuah botol, batangnya pun tidak akan tumbuh tinggi. Daunnya melebar dan majemuk. Keunikan yang dimiliki jenis pale mini membuatnya sering disebut sebagai bottle palm.

Yang unik lainnya yakni jenis palem kipas. Pohon ini juga sangat cocok di tanam pada taman untuk membantu menambahkan estetika keindahan taman. Daunnya meenyerupai kipas sehingga bisa dijadikan sebagai tempat berteduh di bawah pohon palem ini. Kemudian, palem pinang. Jenis ini memiliki batang yang kecil , lurus dan tinggi hingga 25 meter. Jika diingat-ingat, palem pinang ini merupakan iconic bagi masyarakat Indonesia dalam perlombaan panjat pinang. Sudah kebayang kan ketinggiannya?

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email

Find Us

PT Kampung Flora Cipta
Pasar Modern Paramount Ruko Tematik Blok N No.50.
Gading Serpong – tangerang

Contact Us

  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA@GMAIL.COM
  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA
    @GMAIL.COM

Follow Us