COMMITMENT IS THE FOUNDATION OF GREAT ACCOMPLISHMENT

SDC 2 (Medium)

KEGUNAAN ELEMEN AIR PADA LANDSCAPE

Elemen air merupakan salah satu elemen terpenting dalam mendesain sebuah taman. Adanya suara gemercik air, gerak-gerik ikan dan bayangan riak kolam akan memberikan kesan tenang dan aman pada hunian Anda. Sehingga sangat mendukung untuk bersantai dan berkumpul dengan keluarga. Di samping itu, ada beberapa orang yang tertarik menghadirkan elemen air namun malas untuk merawatnya, hal ini sangat disayangkan karena keberadaan taman menjadi kurang nayaman dipandang dan terbengkalai dan kotor. Maka dari itu, perlu komitmen yang pasti untuk menambahkan elemen air pada desain landscape Anda.

Pertama ada kolam relief yang cocok dibangun di lahan yang relative sempit di dalam atau luar ruangan. Untuk kolam yang berada di dalam ruangan, Anda harus memerhatikan sirkulasi udara sehingga rumah tidak lembab dengan kehadiran kolam relief ini. Jika berada di luar ruangan, sangat cocok berada di belakang rumah dan bisa dipandang melalui ruang keluarga. Kolam relief ini bisa kalian tambahkan dengan gaya air terjun sehingga menghasilkan kolam dengan kesan natural. Tidak heran kolam relief memiliki harga yang tinggi karena membutuhkan tenaga dengan keahlian khusus dan dinding batu alam. Tanaman yang cocok dengan gaya kola mini yakni pakis kelabang atau philodendron.

Kedua, model kolam persegi dengan berbagai hiasan pada bibir kolam. Biasanya kolam mini dipakai pada tema landscape mediteran, modern dan Bali. Kola persegi ini biasanya menaruh sisi lighting di dalam kolam. Maka dari itu bagian dasar kolam seringkali dihiasi dengan bebatuan koral atau keramik. Kolam jenis ini juga membutuhkan perawatan yang ekstra karena perlu menguras dan membersihkannya dari lumut. Kemudian, tanaman air yang bisa digunakan yakni lotus, stock, kiambang, dan helikonia air. Sedangkan untuk menghiasi sisi kolam kalian dapat menggunakan tanaman sukulen sikas, palem pendek , siklok atau kaktus.

Terakhir, tertarik dnegan model kolam air mancur? Berbentuk bundar dan terdapat air mancur di tengah kola. Biasanya kola mini terbuat dari beton, dan digunakan pada model taman eropa modern dan islam. Tengah kolam merupakan focal pointnya, maka dari itu kolam mini cocok dihiasi dengan tanaman bertektur halus dan tinggi seperti pandan dan yuka. Tidak usah diberi tanaman air karena akan menurunkan keindahan dari kolam air mancur tersebut.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email

Find Us

PT Kampung Flora Cipta
Pasar Modern Paramount Ruko Tematik Blok N No.50.
Gading Serpong – tangerang

Contact Us

  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA@GMAIL.COM
  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA
    @GMAIL.COM

Follow Us