COMMITMENT IS THE FOUNDATION OF GREAT ACCOMPLISHMENT

URES4

KONSEP URBAN FARMING

Untuk menjawab krisisnya lahan terbuka hijau, urban farming bisa menjadi solusi untuk masalah tersebut. Urban farming dapat dilakukan dimanapun termasuk padatnya perkotaan, dengan tujuan mengurangi dampak buruk lingkungan. Seperti yang kita ketahui bahwa konsep urban farming sangat cocok dilakukan di era modern dan perkembangan industri yang pesat saat ini. Dengan berbagai macam model urban farming yang ditawarkan, tidak ada alasan seseorang untuk tidak bisa bercocok tanaman.

Solusi yang ditawarkan oleh urban farming ini, antara lain model hidroponik yaitu menanam tanaman dengan memanfaatkan air tanpa penggunaan tanah sama sekali dan tetap memperhatikan nutrisi (unsur hara) yang tercukupi. Dengan unsur hara yang cukup, maka tanaman akan tetap tumbuh dengan layak. Selanjutnya, model vertikultur, model ini sangat memberikan solusi secara efisien yakni tanpa harus membutuhkan lahan yang luas, tanaman dengan model vertical pun bisa dibuat dan tumbuh selayaknya. Model ini dilakukan dengan vertical dan bertingkat, dapat dilakukan di dalam maupun luar ruangan, hanya saja ada beberapa pilihan tanaman yang cocok ditanam secara vertical.

Terakhir dan terunik yakni akuaponik, menanam tanaman dan memelihara ikan dalam satu wadah yang sama. Tanaman akan memanfaatkan unsur hara yang berasal dari hewan atau kotoran ikan, tanaman akan menjadi filter vegetasi dan mengurai kotoran ikan tersebut sehingga tidak menjadi zat yang berbahaya bila lama di diamkan. Itulah beberpaa model urban farming yang bisa kalian lakukan kapanpun dan dimanapun.

Di samping itu, untuk melakukan urban farming sebaiknya pelajari secara mendalam mengenai tata caranya, karena jika tidak, malah akan menimbulkan dampak negative seperti pemborosan energy khususnya penggunaan air. Perawatan juga harus berjalan secara rutin agar tidak menciptakan perkembangan nyamuk dan tercipta berbagai penyakit dari nyamuk tersebut.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email

Find Us

PT Kampung Flora Cipta
Pasar Modern Paramount Ruko Tematik Blok N No.50.
Gading Serpong – tangerang

Contact Us

  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA@GMAIL.COM
  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA
    @GMAIL.COM

Follow Us