maxresdefault

MEMBASMI URET PADA TANAMAN

Uret merupakan hama tanaman yang biasanya memeakan akar tanaman muda hingga tanaman layu atau mati. Hama yang satu ini merupakan salah satu hama terganas untuk tanaman muda. Maka dari itu, untuk para pecinta tanaman sangat penting untuk mengetahui cara mengelola tanaman agar terhindar dari uret ini. Cara yang tepat dalam membasmi uret akan meminimalisir pembuangan waktu, tenaga dan biaya yang dikeluarkan. Sebelumnya, admin akan menjelaskan lebih detail mengenai uret ini.

Uret yakni larva kumbang yang hidup di dalam tanah. Dengan nama latin Lepidiota Stigma dengan panggilan engkuk untuk uret yang berukuran kecil. Tiap daerah memang memiliki nama panggilan lsin untuk jenis hama ini. Uret akan aktif melakukan tugasnya di siang hari saat suhu tanah sedang naik. Makanan yang dia makan yakni kompos dan pupuk yang ada di dalam tanah. Namun, di samping itu ia juga sangat menyukai akar tanaman muda. Uret juga sangan suka berada di tanah yang gembur. Selain itu, tidak menutup kemungkinan uret ini bisa memakan rumput dan tanaman liar lainnya.

Inilah beberapa cara untuk mengusir dan mengatasi hama uret pada tanaman. Pertama, gunakan insektisida seistemik, ia akan menyebar ke seluruh jaringan tanaman. Penggunaan obat ini akan membuat hama uret keracunan , minimal sakit hingga mati. Penggunaannya juga tidak boleh terlalu sering karena jika melebihi dosis , ia akan meracuni tanaman itu sendiri, dan akibatnya tanaman akan mati.

Pilihan lainnya yakni intektisida kontak. Caranya, setelah menanam tanaman baru, lakukan penyiraman secara rutin hingga 5-10 hari untuk meminimalisir datangnya hama uret. Jika tanaman sudah cukup dewasa, akar tanaman akan berubah rasa dan nutrisi sudah pindah maka memungkinkan tidak adanya penyerangan oleh uret.

Selain bahan kimia, hama uret juga bisa dibasmi dengan bahan alami yakni jamur metharhizium anisopliae. Salah satu jamur antagonis yang bisa membasmi hama bagi tanaman. Hama uret yang terkena jamur ini akan merasa sakit hingga mati. Bibit jmaur ini sudah banyak di temukan di took-toko tanaman  lalu campurkan dengan pupuk kompos. Dan bergabung menjadi pupuk dasar.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email

Find Us

PT Kampung Flora Cipta
Pasar Modern Paramount Ruko Tematik Blok N No.50.
Gading Serpong – tangerang

Contact Us

  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA@GMAIL.COM
  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA
    @GMAIL.COM

Follow Us