COMMITMENT IS THE FOUNDATION OF GREAT ACCOMPLISHMENT

webIMG_0003-1080x675

MEMBUAT PUPUK ORGANIK MURAH DAN BERMANFAAT

Banyak cara untuk menyuburkan tanaman kalian. Salah satunya menggunakan pupuk dengan rutin terhadap tanaman kalian. Kali ini admin akan share beberapa tips membuat pupuk sendiri yakni membuat kompos organic menjadi pupuk tanpa perlu membelinya. Cara ini akan membuat kalian lebih berhemat namun tanaman tetap sehat.

Hal yang pertama-tama dilakukan yaitu mengumpulkan sampah bahan organic yang biasa berada di dapur seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Pastikan bahan organic sayur dan buah masih dalam keadaan baik atau tidak busuk, contohnya kulit pisang, wortel, daun bawang, cangkang telur, dan lain-lain. Tiap kali Anda memasak, atau makan buah, siapkan penampungan sampah untuk sisa-sia sayur dan buah dalam kondisi baik. Setalah terkumpul, kalian bisa mulai memotongnya menjadi bentuk-bentuk kecil dengan ukuran 1-2 cm.

Kemudian, proses pengomposan. Dimulai dengan menyiapkan wadah khusus pengomposan. Ingat untuk memberi lubang di setiap wadah pengomposan. Misalkan menggunakan ember, maka lubangi bagian bawah ember dan taruh di atas batu atau simpan tanpa harus langsung menyentuh tanah. Lalu, kalian siap memasukan sampah organik yang sudah dipilih dan dipotong sebelumnnya. Tutup menggunakan aluminium foil dengan rapat.

Setelah di diamkan menggunakan alumunium foil, masuk ke dalam proses penguraian. Dalam step ini, kalian bisa mencampurkan bahan pengomposan tadi dengan pupuk kandang atau serbuk gergaji. Kemudian selalu aduk campuran tersebut selama satu minggu sekali. Tidak ada salahnya jika saat proses penguraian Anda elah memiliki sampah organic dapur yang baru, campurkan saja dengan sampah organic yang sudah diolah tersebut. Karena dengan bantuan sampah organic yang sudah terurai maka bahan organic yang baru dimasukan akan memeiliki waktu yang lebih cepat dalam penguraiannya.

Terakhir, kamu hanya menunggu proses pematangan. Semakin lama sampah organic tersebut di taruh dalam wadah makan suhu akan terus menerus meningkat, dengan kurun waktu 6 minggu hingga pupuk organic kalian tidak memiliki bau sampah. Perubahan lain yakni berubahnya warna kompos menjadi cokelat kehitaman dan siap digunakan.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email

Find Us

PT Kampung Flora Cipta
Pasar Modern Paramount Ruko Tematik Blok N No.50.
Gading Serpong – tangerang

Contact Us

  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA@GMAIL.COM
  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA
    @GMAIL.COM

Follow Us