COMMITMENT IS THE FOUNDATION OF GREAT ACCOMPLISHMENT

Taman atap

PEMILIHAN TANAMAN UNTUK ROOF GARDEN YANG LEBIH INDAH

Dengan bertambah banyaknya gedung-gedung di perkotaan dan beberapa rumah minimalis namun bertingkat, tidak ada salahnya diberikan kesan indah dan cantik di beranda rumah atau beranda gedung yakni sebuah taman atap atau biasa di sebut roof garden. Hal ini sudah sering terlihat di beberapa gedung yang membuka restaurant di lantai atas, dan untuk menambah estetika para pelanggan, maka mereka membuat taman yang dapat dinikmati sembari menyambut sunset di sore hari.

 

Fenomena roof garden ini dapat dikatakan relatif baru muncul. Berawal dari negara-negara eropa yang diperkirakan bahwa seluruh gedung disana memiliki roof garden. Kini, sudah merambah ke negara Asia salah satunya Indonesia. Dengan berbagai ancaman mengenai ruang hijau karena banyaknya pembangunan infrastruktur maka dapat diimbangi dengan membangun sebuah taman atap tanpa perlu mempersiapkan lahan yang luas.

 

Sebelum memberi informasi mengenai tanaman yang sering digunakan untuk taman atap di Indonesia, admin akan jelaskan beberapa manfaat baik dengan adanya taman atap ini. Yang pertama dan paling penting yakni mengurangi polusi, disamping itu juga melestarikan tanaman lainnya. Yang kedua, mengundang hewan-hewan khususnya burung untuk datang. Yang keempat, bisa dijadikan sebagai pelindung atap hingga atap bangunan juga lebih tahan lama. Yang terakhir, tentu akan meningkatkan daya jual banguna tersebut.

Kemudian, tanaman yang biasa digunakan ntara lain:

  1. Kaktus, tanaman ini dikenal tahan akan sinar matahari, maka dari itu pasti akan aman jika di taruh di atas gedung dengan sinar matahari yang lebih banyak.
  2. Kastuba, tanaman ini juga tahan terhadap sinar matahari dan tidak memerlukan banyak air sehingga dapat menghemat air.
  3. Lili paris, mirip dengan rumput namun memiliki daun agak panjang dan melengkung, tanaman ini terkenal mudah beradaptasi.
  4. Bunga sepatu, memiliki keindahan untuk menambah estetika kecantikan ruang hijau di atas atap.
  5. Cemara, dikenal memiliki umur hingga ribuan, tanaman ini mengandung banyak manfaat.
  6. Pohon belimbing/pohon jeruk juga bisa dijadikan pilihan untuk di tanamn di taman atap karena memiliki batang yang langsing sehingga tidak memerlukan space yang luas.
  7. Pandan, bunga aster atau lily memiliki batang lunak sehingga ringan dan cocok di taruh di taman atap yang memang memiliki kapasitas khusus.
  8. Bunga lavender, jade plant, jasmine, petunia juga cocok ditanam di taman atap karena bunga tersebut memiliki warna yang cantik untuk menambah estetika ruang hijau dan nyaman untuk di pandang disaat menikmati perkotaan dari atas atap.

Itulah beberapa pilihan tanaman yang cocok dan biasa ditanam di roof garden Indonesia. Ingin roof garden indah hanya dengan memilih list tanaman yang sudah disediakan? Kalian tinggal pilih tanaman apa aja yang ingin ditanam di roof garden kalian. Hubungi kami PT. Kampung Flora Cipta. Kami menerima jasa landscape contractor termasuk roof garden, dengan keahlian staff dan tanaman yang kami miliki akan mengubah taman atap kalian menjadi lebih indah dan nyaman.

Website : www.kfclandscape.com

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email

Find Us

PT Kampung Flora Cipta
Pasar Modern Paramount Ruko Tematik Blok N No.50.
Gading Serpong – tangerang

Contact Us

  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA@GMAIL.COM
  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA
    @GMAIL.COM

Follow Us