membuat-kolam-ikan-koi

RENCANA MEMBUAT KOLAM KOI ? BERIKUT HAL PENTINGNYA

Kolam koi dapat merubah dengan cepat desain landscape mu menjadi lebih indah. Kecantikan yang diberikan oleh fisik koi sendiri, membuat mata tertarik untuk menikmati pemandangan kolam koi tersebut. Kolam koi juga dapat dibuat senatural mungkin dibandingkan melihara ikan di dalam aquarium. Untuk membangun kolam koi itu sendiri, banyak hal yang harus diperhatikan, salah satunya kondisi air yang akan mengalir kearah kolam. Kualitas air untuk kolam koi harus selalu terjaga, karena Ph terbaik untuk kolam ini yaitu 7. Apabila berada di atas angka 7, air akan berbahaya untuk kesehatan koi karena kemungkinan mengandung racun ammonia. Jika di bawah 7 pun, Anda harus berhati-hati karena banyak sebab salah satunya bakteri di sekeliling kolam. Maka dari itu, sebaiknya kolam koi di bersihkan 1 tahun 2 kali untuk menjaga kebersihan dan pH yang stabil.

Kolam koi juga membutuhkan sinar matahari, karena setiap ikan juga memerlukan sinar matahari agar warna-warna yang ada pada tubuhnya  lebih terlihat jelas. Selain itu, dengan sinar matahari yang cukup sangat dibutuhkan oleh ikan untuk menghangatkan tubuhnya minimal tiga jam per hari. Kolam yang terkena sinar mata terang juga membuat perkembangan ikan menjadi lebih baik. Namun, jika sinar matahari mausk berlebihan maka pertumbuhan lumut di sekitar kolam juga lebih cepat dan membuat kolam lebih cepat berwarna hijau. Maka dari itu, berikan sinar matahari secukupnya saja.

Kemudian, desain kolam ikan juga menjadi poin utama untuk menghasilkan kolam yang cantik. Mulai dari bentuk kolam persegi, lingkaran, elips hingga bentuk lainnya akan dicocokan dengan tema kolam yang dipilih. Biasanya untuk menciptakan kolam yang minimalis, sebaiknya memilih desain bentuk kolam persegi. Untuk gaya bebas, biasanya berada pada nuansa rumah yang sangat alami dan memiliki pekarangan rumah yang luas. Jika kolam koi sudah jadi, tinggalkan kolam selama 4 minggu dengan kondisi harus dilakukan pengurasan setiap harinya, jangan lupa untuk gunakan obat pembunuh jamur dan kutu. Setalah 4 minggu, cobalah memasukan ikan-ikan ke dalam kolam tersebut dan terus perhatikan perkembangan ikan ya!

source gambar: portalperikanan.com

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email

Find Us

PT Kampung Flora Cipta
Pasar Modern Paramount Ruko Tematik Blok N No.50.
Gading Serpong – tangerang

Contact Us

  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA@GMAIL.COM
  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA
    @GMAIL.COM

Follow Us