COMMITMENT IS THE FOUNDATION OF GREAT ACCOMPLISHMENT

pohon machineel

SALAH SATU POHON BERBAHAYA DI BUMI, TEBAK KIRA-KIRA POHON APA YA?

Tidak hanya tanaman yang memiliki manfaat yang baik untuk kehidupan, namun ada pula tanaman yang sangat membahayakan bagi kehidupan. Salah satu jenis tanaman itu yakni Pohon. Kira-kira pohon apa ya?

Pohon ini ditemukan di sepanjang pantai Florida dan kepulauan Karibia. Pohon yang berbentuk besar dan kokoh ini sangat berbahaya bagi makhluk hidup lainnya seperti manusia. Asap yang ditimbulkan oleh pembakaran pohon ini akan memberikan penyakit bagi tubuh manusia. Jadi, jangan coba-coba untuk berdiri di dekat pohon ini, asap sejauh 30 meter dapat menyebabkan batuk-batuk, bronchitis dan infeksi saluran nafas. Bahkan, asap tersebut juga dapat melunturkan cat mobil yang parkir di dekatnya. Maka dari itu, Pohon yang memiliki nama latin Hippomane Mancinella atau biasa disebut Pohon Machineel ini merupakan tanaman sangat berbahaya di muka bumi ini.

Selain itu, tidak hanya asapnya saja, setiap bagian pohonnya memiliki racun yang berbahaya. Berdasarkan Florida Institue of Food & Agricultural Science mulai dari buah, daun, ranting, batang, hingga getah yang dihasilkan oleh pohon ini. Salah satu racun terindetifikasi adalah hippomanin A & B. Kemudian, buahnya yang berbentuk apel terlihat begitu manis namun saat menelannya rasa pahit yang sangat dalam hingga terasa lidah dan tenggorokan tebakar. Maka dari itu, harus berhati-hati jika bermain bahkan hingga memakan buah ini. Sebaiknya jauhi buah pohon Machineel ini.

Kemudian, asapnya tadi yang dapat menyerang saluran pernafasan juga dapat menganggu membrane mata hingga menyebabkan kebutaan. Selain asap, air yang sudah terkena pohon ini, misalkan air hujan yang mengenai pohon ini akan membawa racun dan menyebabkan gatal-gatal dan infeksi pada kulit. Apalagi jika kalian melakukan kontak langsung dengan pohon ini, contohnya memegang pohon ini maka akan menimbulkan dampak yang fatal seperti iritasi kulit hingga terasa terbakar. Maka dari itu, sebaiknya jauh-jauhlah dari pohon ini.

Pohon Machineel ini hampir punah, jumlah pohonnya semakin dikit dan arena racun yang terdapat dalam pohon inilah membuat banyak masyarakat tidak merawat bahkan mengabaikan pohon ini. Namun, dibalik bahayanya pohon ini, Machineel memiliki fungsi yang signifikan dalam ketahanan ekosistem. Bentuknya yang besar, tinggi dan kokoh membuat pohon ini dapat menghadang badai, mencegah erosi dan menahan air naik ke permukaan laut.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email

Find Us

PT Kampung Flora Cipta
Pasar Modern Paramount Ruko Tematik Blok N No.50.
Gading Serpong – tangerang

Contact Us

  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA@GMAIL.COM
  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA
    @GMAIL.COM

Follow Us