COMMITMENT IS THE FOUNDATION OF GREAT ACCOMPLISHMENT

70fd125f-b1ad-46ed-a35b-68101cd7fe22

SENI TANAMAN BERASAL DARI JEPANG? KOKEDAMA.

Siapa yang belum tau Kokedama? Kokedama adalah sebuah seni tanaman hijau yang berasal dari Jepang berbentuk bola lumut. Koke yang memiliki arti lumut dan dama adalah bola jadi bola lumut ini merupakan sebuah seni atau sama dengan pekerjaan berkebun seperti biasanya. Uniknya, tanaman tidak menggunakan pot dan berbentuk bulat dengan berbagai macam ukuran. Penggemar kokedama ini bisa memadukan berbagai dedaunan dan bunga sesuai dengan keinginannya. Biasnaya hasil seni ini dijadikan sebagai tanaman hias di hunian mereka.

Kokedama ini menggunakan tanah lumpur yang dipadatkan hingga berbentuk seperti bola. Tanah lumpur tersebut di penuhi dengan tanaman lumut sehingga memiliki warna dan lebih memiliki fungsi estetika untuk dipandang. Kemudian, Anda bisa menambahkan/menanam tanaman dedaunan atau bunga diatasnya. Hal yang paling penting untuk membuat kokedama ini ialah pilihlah tanaman yang berakar kecil.

Adapun beberapan jenis tanaman yang bisa digunakan untuk membuat kokedama; tanaman pakis, jade, begonia, philodendron, sukulen, lidah mertua dengan berukuran yang masih kecil. Lalu, bahan yang perlu disiapkan adalah, media tanam alias tanah liat dan kompos dengan perbandingan 1:1, lumut kering, air, semprotan, benang tebal, gunting dan sarung tangan.

Gunakan sarung tangan sebelum memulai seni pembuatan kokedama ini agar bersih dalam setiap step pembuatannya. Buat tanah liat hingga berbentuk bulat, bila tanah terasa sangat kering, tambahkan air pada tanah. Dalam membuat bahan media tanam ini memang agak sulit, perlunya kepadatan yang cukup sehingga tanah tidak terjatuh. Setelah selesai membuat bulatan tanah liat tersebut, buatlah lubang di tengah atas bulatan tanah liat tersebut untuk menanam/memasukan tanaman kecil yang sudah disiapkan. Terakhir, lapisi bulatan tanah liat tersebut menggunakan tanaman lumut, caranya dengan menekan secara perlahan hingga lumut menempel di tanah liat, namun jika masih merasa sulit untuk merekatkan tanaman lumut dengan tanah liat tersebut, gunakan benang tebal dengan mengikatnya di seluruh bulatan tanah liat tersebut.

Setelah jadi, kokedama sudah siap di pajang sebagai tanaman hias. Untuk perawatannya gunakan semprotan air untuk menyiram secara rutin. Lakukan selama 5-10 menit.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email

Find Us

PT Kampung Flora Cipta
Pasar Modern Paramount Ruko Tematik Blok N No.50.
Gading Serpong – tangerang

Contact Us

  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA@GMAIL.COM
  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA
    @GMAIL.COM

Follow Us