COMMITMENT IS THE FOUNDATION OF GREAT ACCOMPLISHMENT

tanaman pengarah jalan bunga dan pohon.

TANAMAN HIAS BERDASARKAN FUNGSINYA

Tanaman hias memiliki banyak jenis, salah satunya bisa dilihat melalui fungsinya. Fungsi tanaman hias dibagi menjadi lima, antara lain pengarah jalan, pagar, pelindung, tabir, merambat, penutup tanah.

 

  • Tanaman hias pengarah jalan ialah tanaman atau pepohonan yang biasanya menghiasi pinggiran jalan secara merata hingga ke tempat tujuan, jadi tanaman ini dapat membantu orang untuk mengarahkan jalannya di suatu tempat atau kawasan. Biasanya tanaman pengarah jalan ini digunakan berdasarkan bentuk tanaman ataupun warna tanaman sehingga menjadi satu kesatuan di sepanjang jalan. Tanaman pengarah jalan memiliki banyak macam, antara lain palem raja dan sikat botol.

 

  • Tanaman pagar merupakan sebuah tanaman atau semak yang biasanya dipakai sebagai pengganti pagar untuk menutupi area yang telalu tebuka dan butuh privasi. Selain itu, tanaman pagar juga mampu mengurangi pencemaran udara yang mana dapat membantu menghalangi debu masuk ke dalam rumah dan sebagai filter debu/bau yang mana tanaman akan melakukan fotosintesis yang menyerap karbondioksida dan melepaskan oksigen sehingga udara disekitar selalu segar. Adapun beberapa contoh tanaman yang cocok dijadikan sebagai pagar rumah ataupun area lain seperti bunga soka dan pohon bambu.

 

  • Tanaman penutup tanah dikenal dapat berfungsi mengatasi erosi dan mampu memberikan nutrisi pada lahan kalian. Dengan tanaman penutup tanah, maka kondisi dapat memperbaiki kondisi fisik tanah serta kelembabannya, dapat memelihara tekstur tanah, dapat mengurangi penguapan air permukaan dan mengurangi suhu tanah. Kebanyakan masyarakat Indonesia menjadikan rumput sebagai satu-satu tanaman penutup tanah, namun ada tanaman lain yang sama layaknya rumput yakni tanaman ubi jalar dan seruni hias.

 

 

  • Lanjut ke tanaman pelindung, biasanya pohon adalah salah satu tanaman pelindung dari kegersangan, terik matahari, angin bahkan debu. Dengan tanaman pelindung seperti pohon juga mampu memperindah jalanan atau rumah, memberikan kesejukan disertai suasana aman dan nyaman. Akar pohon juga mampu mencegah erosi dan pengikisan tanah, tentunya akan memberikan keseimbangan lingkungan. Adapun pohon yang biasa ada di Indonesia sebagai tanaman pelindung yakni pohon trembesi dan ketapang.

 

  • Tanaman merambat tidak hanya dapat digunakan sebagai penutup rumput, namun dapat digunakan sebagai tanaman peneduh juga. Bedanya, tanaman meambat ini kebanyakan memiliki bunga dengan warna cantik hingga mampu memberikan keindahan dan nyaman untuk dipandang. Tanaman Merambat ini dibagi menjadi dua antara lain tanaman merambat dengan sendirinya tanpa adanya bantuan media, yang kedua tanaman rambat yang membutuhkan bantuan media untuk perambatannya. Bebeapa contoh tanaman merambat selain rumput yakni passiflora dan thunbergia.

 

  • Kemudian, tanaman tabir digunakan untuk meminimalisir tempat dengan cahaya, sebu, polusi. Sama seperti tanaman pagar, tanaman tabir ini juga dapat difungsikan sebagai penutup ruangan terbuka yang membutuhkan privasi. Contohnya adalah pohon cemara kipas dan glodokan tiang.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email

Find Us

PT Kampung Flora Cipta
Pasar Modern Paramount Ruko Tematik Blok N No.50.
Gading Serpong – tangerang

Contact Us

  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA@GMAIL.COM
  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA
    @GMAIL.COM

Follow Us