COMMITMENT IS THE FOUNDATION OF GREAT ACCOMPLISHMENT

SL7

TANAMAN HIAS CEPAT SAKIT DAN MATI? JADILAH DOKTER TANAMAN DENGAN TRIK BERIKUT

Setiap makhluk hidup memiliki kemungkinan mengalami gangguan kesehatan. Begitupun dengan tanaman. Kesehatan tanaman juga perlu di jaga sebaik mungkin. Mengapa? Karena tanaman bisa mengalami sakit atau stress yang berkepanjangan. Kesehatan tanaman juga sangat penting sama seperti dengan manusia. Jika tanaman stress itulah tanda-tanda awal munculnya gangguan – gangguan kesehatan dan menyebabkan mati.

Hal tersebut bisa kalian cegah dengan menjadi dokter tanaman dengan trik di bawah ini. Tanaman pada umumnya akan memberikan tanda-tanda jika mereka terkena stress atau sakit. Tanaman yang sakit tidak akan segar seperti biasanya dengan tanda daun berwarna kekuningan, layu dan gugur. Untuk mendiagnosa hal ini, cobalah untuk mengecek kondisi tanaman khusunya bagian tanah. Kelembapan yang pas membuat tanaman akan hidup dengan semestinya, namun jika tanah terlalu basah atau kering dan mengganggu kelembapan tanaman tersebut maka dengan mudah tanaman akan memunculkan reaksinya seperti kering ataupun busuk.

Untuk mengecek kelembapan tersebut, gunakan sampel tanah minimal kedalaman 3 cm, jangan gunakan permukaan tanah karena memang bagian atas cenderung cepat kering. Untuk tanah yang terlalu kering berarti bahwa tanaman mengalami dehidrasi, segera siram tanaman dan lanjutnkan dengan waktu yang rutin. Apabila tanah terasa sangat basah, siapkan media tanah dengan kondisi kering dan kelembapan yang stabil.

Kondisi daun tanaman yang kering dan berubah warna juga bisa dikarenakan gangguan hama. Gangguan hama yang dikarenakan oleh serangga kasat mata memang sulit di ketahui. Namun, pada umumnya jika tanaman terkena gangguan ini. Daun pada tanaman kalian akan terdapat lubang-lubang ataupun adnaya selaput putih yang menyelimuti bagian pada tanaman, inilah yang menyebabkan daun berubah menjadi warna kekuningan.

Untuk itu, lakukan pembasmian hama sesegera mungkin dengan cara menyemprotkan obat pembasi hama di bagain yang sakit. Jauhkan tanaman yang sudah terkena hama dengan tanaman lain, kalian bisa menggabungksn mereka kembali jika tanaman dengan riwayat terkena gangguan hama sudah sembuh total.

Kondisi yang paling sering terjadi yakni kurangnya sinar matahari untuk memenuhi nutrisi tanaman. Tanaman Anda menjadi mudah layu dan tidak segar. Tanaman-tanaman hias yang terdapat dalam ruangan harus memiliki jadwal untuk berada di bawah sinar matahari. Cobalah untuk menjemurnya setiap pagi atau pindahkan ke tempat yang terkena matahari di dalam ruangan misalkan dekat jendela rumah.

Itulah beberapa factor tanaman mudah layu bahkan sakit. Selain trik di atas, perawatan yang baik dan rutin juga sangat berdampak pada kesehatan tanaman. Selalu penuhi nutrisi tanaman ya!

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email

Find Us

PT Kampung Flora Cipta
Pasar Modern Paramount Ruko Tematik Blok N No.50.
Gading Serpong – tangerang

Contact Us

  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA@GMAIL.COM
  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA
    @GMAIL.COM

Follow Us