COMMITMENT IS THE FOUNDATION OF GREAT ACCOMPLISHMENT

Untitled-1

TANAMAN SUBUR DENGAN JENIS TANAH YANG SESUAI

Tanah merupakan hal penting untuk kalian yang suka bercocok tanam. Tanah sangat berfungsi terhadap proses pertumbuhan tanaman. Dengan kualitas tanah yang baik, maka pertumbuhan akan berjalan lancar. Untuk itu, kita harus mengetahui jenis-jenis tanah sebelum kalian bercocok tanam. Pemilihan tanah yang sesuai membuat proses penanam akan terasa lebih mudah. Berikut beberapa jenis tanah yang perlu kamu ketahui:

Jenis Tanah Aluvial, bentuknya seperti tanah liat sehingga mudah menyerap air. Tanah ini memiliki kandungan yang baik untuk tanaman. Biasanya jenis tanah ini dapat ditemukan di dataran rendah. Tanah yang terbuat dari pengendapan lumpur sunai ini juga bermanfaat untuk irigasi yakni dapat menyimpan cadangan air lebih banyak dibandingkan jenis tanah yang lainnya.

Jenis Tanah Humus, berbentuk gembur dan terbentuk dari pelapukan dedaunan dan batang pohon . Jenis tanah ini juga cocok untuk menanam tanaman karena humus biasa dijadikan pupuk alami tanaman. Dengan fungsi meningkatkan kandungan air dalam tanah dan sumber nutrisi untuk tanaman. Sifat jenis tanaman ini yakni memiliki kemampuan daya serap tinggi sehingga cocok untuk penggemar tanaman.

Jenis Tanah Laterit sangat mudah larut terbawa air hujan dan biasanya digunakan untuk bahan kerajinan dan bangunan rumah. Tanah ini bisa dijadikan sebagai media tanam karena memiliki Ph netral dengan kadar asam sedang sehingga beberapa tanaman saja yang bisa digunakan seperti tanaman singkong atau tanaman kopi.

Selanjutnya jenis tanah kapur ini berasal dari batuan kapur. Tanah ini sangat tidak cocok untuk bercocok tanam , tidak bisa diandalkan untuk menyuburkan tanaman. Di samping itu, ada salah satu tanaman yang masih cocok menggunakan media tanam ini yakni pohon jati.

Jenis tanah pasir, berbentuk kasar dan beberapa tanah menyerupai kerikil, berwarna coklat tanah. Tanah yang sudah tercampur dengan pasir akan kurang baik bila dijadikan media tanaman karena tidak banyak mengandung nutria yang baik untuk tumbuhan. Biasanya, jenis ini digunakan untuk material bangunan.

 Itulah beberapa jenis tanah yang harus kalian ketahui. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk terus merawat tanaman dimulai dari media tanam hingga tanaman itu sendiri.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email

Find Us

PT Kampung Flora Cipta
Pasar Modern Paramount Ruko Tematik Blok N No.50.
Gading Serpong – tangerang

Contact Us

  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA@GMAIL.COM
  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA
    @GMAIL.COM

Follow Us