COMMITMENT IS THE FOUNDATION OF GREAT ACCOMPLISHMENT

SDC 1 (Medium)

XERISCAPE, TAMAN HEMAT AIR

 

Tidak dapat dipungkiri bahwa taman akan membuat suasana di perkotaan atau rumah kalian menjadi lebih asri dan sejuk. Maka dari itu, taman merupakan salah satu hal penting untuk kehidupan kita. Namun, tidak semua orang memiliki banyak waktu untuk merawat tamannya, begitupun dengan taman kota atau taman di pergedungan, kebanyakan mereka menyewa system maintenance untuk merawat taman.

Untuk  itu, kini telah muncul taman dengan istilah Xersicape. Xeriscape ini cocok untuk kalian yang tidak memiliki wkatu lebih untuk merawat tamannya seperti menyiram tanaman dan perawatan lainnya. Xeriscape berasal dari kata latin, yakni xero berarti kering dan scape berarti pemandangan. Maka dari itu, Xeriscape merupaan sebuah taman dnegan memanfaatkan tanaman-tanaman yang tahan air serta memiliki teknik pengairan yang efektif dan efisien.

 

Adapun beberapa langkah untuk membuat taman yang hemat air dan kuat akan terik sinar matahari ;

  • Pemilihan tanaman, pilihlah tanaman sesuai dengan konsep tamannya. Tanaman yang cocok untuk xeriscape ini yaitu tanaman yang kuat akan sinar matahari dan dapat bertahan hidup di daerah kering. Contohnya: kaktus, cemara, bamboo, nanas.
  • Teknik menanam, untuk menghemat air dalam masa pertumbuhan, cobalah untuk menggali lubang pada tanah kemudian isi lubang tersebut dengan air sampa penuh dan meyerap ke dalam tanah sehingga kondisi tanah menjadi lembab.
  • Setalh penanaman, lakukan penyiraman dengan efisien, kalian bisa menggunakan smeprota untuk menghemat penggunaan air. Bagian akar juga akan menerima dan menyerap air dengan lebih optimal, siramlah sore atau malam hari karena lebih teduh sehingga proses penguapan lebih lambat.
  • Manfaatkan air baungan seperti air buangan AC, air sehabis hujan. Caranya dengan menyediakan tempat atau tadahan seketika hujan danhal ingin akan membantu biaya pengeluaran air.
  • Bisa menggunakan elemen lain seperti pasir hias dan bebatuan. Elemen hardscape ini tidak ada salahnya dipadukan dalam taman kering/xeriscape ini asalkan tidak memerlukan air banyak dan dapat menghambat penguapan air dari tanah.
  • Pemeliharaan yang tepat dengan menambahkan beberapa pupuk organik sehingga tanaman tetap subur dan bersih.

Pada dasarnya, Xeriscape diadakan untuk diimplementasikan pada daerah yang tidak memiliki banyak air bersih dan segar dan mampu diterima di daerah lain karena pola iklim yang berubah. Maka dari itu, adanya Xeriscape mengarah pada sebuah landscape dengan cara mengurangi dan menghilangkan kebutuhan irigasi tambahan.

Butuh landscape contractor untuk mengerjakan taman impian kalian?

Hubungi kami PT. Kampung Flora Cipta di nomor 021 2932 4547, kami menerima proyek se-Indonesia dengan staff yang bertanggung jawab dan berkomitmen. Fasilitas lengkap dimulai dari konsultasi dan desain gratis, softscape maupun hardscape, menerima pembuatan roof garden dan vertical garden,indoor plants hingga maintenance. Kunjungi website kami di www.kfclandscape.com untuk melihat portfolio.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email

Find Us

PT Kampung Flora Cipta
Pasar Modern Paramount Ruko Tematik Blok N No.50.
Gading Serpong – tangerang

Contact Us

  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA@GMAIL.COM
  • 021 - 2932 4547
  • 08551177555
  • PTKAMPUNGFLORACIPTA
    @GMAIL.COM

Follow Us